Kamis, 27 Januari 2011

BAB V PTK Matematika CPS

BAB V

KESIMPULAN

Kesimpulan
Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan pada mata pelajaran Matematika Kompetensi Dasar Melakukan Operasi Hitung Campuran di SD Negeri 3 Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut:
1. Apersepsi yang menarik akan meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
2. Penggunaan media dan alat peraga yang relevan akan menambah antusias siswa dalam belajar.
3. Pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran akan lebih kuat dengan keterlibatan siswa secara langsung dalam pengamatan dan demonstrasi tentang materi pelajaran.
4. Keterampilan siswa dalam memecahkan masalah dapat ditingkatkan melalui diskusi kelompok.
5. Hasil prestasi siswa pada mata pelajaran Matematika dengan model pembelajaran CPS siklus I mencapai rata-rata 63 % meningkat pada siklus II menjadi 81 %. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja guru dalam pembelajaran meningkat.
6. Aktivitas siswa dalam pembelajaran Matematika siklus I dan siklus II semakin meningkat, siswa terlibat langsung dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa semua indikator terlaksana dengan baik.
7. Dengan demikian melalui model pembelajaran CPS siswa dapat menyelesaikan masalah dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 3 Sumpiuh Kelas IV semester 1 Tahun Pelajaran 2009 / 2010.


Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, ada beberapa hal yang sebaiknya dilaksanakan oleh guru dalam rangka meningkatkan hasil pembelajaran, di antaranya adalah:
a. Guru hendaknya dapat memberikan apersepsi yang menarik di awal pembelajaran agar minat siswa terhadap materi pelajaran tinggi.
b. Media dan alat peraga hendaknya dipersiapkan sesuai dengan materi yang akan diajarkan untuk kegiatan observasi dan pengamatan.
c. Dengan memperhatikan kelebihan yang dimiliki dari metode demonstrasi dan model pembelajaran CPS, maka hendaknya guru dan calon guru menerapkan metode demonstrasi dan model pembelajaran CPS dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
d. Dalam pembelajaran dengan model pembelajaran CPS guru berperan sebagai fasilitator, hendaknya membiarkan siswa belajar secara alamiah dan mengalami sendiri sehingga siswa dapat menyelesaikan atau memecahkan masalah sendiri melaui pengetahuan yang baru didapat.
C. Tindak Lanjut
Untuk meningkatkan mutu profesionalisme guru berdasarkan pengalaman peneliti selama melakukan perbaikan pembelajaran melaui PTK, guru perlu melakukan kerjasama dan berbagi pengalaman dengan teman sejawat yang berhubungan dengan pembelajaran yang telah dilakukan. Kerjasama tersebut bisa melalui KKG atau Kelompok Kerja Guru untuk saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman selama menjalankan tugas. Selain itu penelitian Tindakan Kelas sangat membantu guru dalam mengevaluasi apa yang telah dilaksanakan dalam tugasnya menyampaikan materi kepada para siswa. Dengan demikian akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa di SD.
DAFTAR PUSTAKA

Wardhani, IGAK. et.al. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas
Terbuka


Abdurrahman, Dr. Mulyono. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.
Jakarta: Rineka Cipta.


Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri pendidikan Nasional
RI Nomor 22, 23, 24 Tahun 2006. Jakarta.


Siswoyo, Dwi. Et. Al. (2007). Ilmu pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.


Muhsetyo, Gatot. El. Al. (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta:
Universitas Terbuka.


Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional

Proses dan strategi pemecahan masalah trigonometri. G:\Proses dan strategi
pemecahan masalah « belajar matematika.mht. diakses tanggal … September 2009.
Suarti. (2009). Model pembelajaran creative problem solving dengan program
berbantuan computer dalam pembelajaran matematika tatang setiadi’s Mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan Universitas Lampung.html. diakses tanggal 08 september 2009.
Wahidin. (2009). Pemecahan Masalah Matematika. Makalah. G:\pemecahan
masalah matematika (problem solving in mathematica)« kuMPULAN MAKALAH & bantuan bahan makalah pendidikan.html. diakses tanggal 08 september 2009.
Upu, Hamzah. (2009). Teori Belajar Pendukung Pendekatan Pengajuan Masalah
Matematika. G:\teori-belajar.html. diakses tangal 08 september 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar