Kamis, 27 Januari 2011

Lampiran_2 PTK Matematika CPS

RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS I

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV / I
Standar Kompetensi : Bilangan
1. Memahami dan Menggunakan Sifat – sifat Operasi Hitung Bilangan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : Melakukan Operasi Hitung Campuran
Indikator : Menentukan aturan operasi hitung campuran dan menggunakannya dalam memecahkan masalah.
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X pertemuan)
Hari / Tanggal : Tindakan I dilaksanakan pada Senin, 19 Oktober 2009
Tindakan II dilaksanakan pada Kamis, 22 Oktober 2009


I. TUJUAN
A. Tujuan Umum
Siswa mampu memahami aturan langkah penyelesaian pemecahan masalah operasi hitung campuran.
B. Tujuan Khusus
Melalui kegiatan CPS dan diskusi siswa dapat :
1. Mengidentifikasi Operasi hitung campuran.
Menjelaskan cara atau langkah – langkah pemecahan masalah operasi hitung campuran.
Melakukan pemecahan masalah operasi hitung campuran.
Tujuan Perbaikan Pembelajaran
1. Meningkatkan pemahaman siswa tentang sifat-sifat operasi hitung campuran.
2. Meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran tentang sifat-sifat operasi hitung campuran.
3. Meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran.

II. MATERI, MEDIA, METODE DAN SUMBER
A. Materi

Operasi Hitung Campuran
Operasi – operasi hitung bilangan meliputi : penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Operasi – opersi hitung tersebut mempunyai tingkatan dalam urutan pengerjaannya.
Mari kita selesaikan operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan berikut ini.
456 + 167 – 308 = (456 + 1670 – 308
= 623 – 308
= 315
695 – 500 + 75 = (695 – 5000 + 75
= 195 + 75
= 270



Selanjutnya mari kita selesaikan operasi hitung campuran perkalian dan pembagian berikut ini.
28 X 10 : 4 = (28 X10) : 4
= 280 : 4
= 70
450 : 75 X 16 = (45 : 75) X 16
= 6 X 16
= 96




Oepasi hitung perkalian dan pembagian berasal dari penjumlahan dan pengurangan yang berulang, maka mempunyai tingkatan yang lebih tinggi. Sehingga opersi hitung perkalian dan pembagian harus didahulukan daripada penjumlahan dan pengurangan.
1. 187 + 39 : 3 = 187 + (39 : 3)
= 187 + 13
= 200
2. 196 -5 X 25 = 196 – (5 X 25)
= 196 – 125
= 71





Contoh :
1. (640 + 360) : 10 = ...
Jawab:
(640 + 3600 : 10 = 1.000 : 10 = 100
Contoh menyelesaikan soal cerita matematika :
Tini memiliki 250. 132 butir telur puyuh; dijual laku 175. 000 butir. Hari berikutnya, Tini memanen lagi sebanyak 23. 525 butir. Berapa butirkah telur puyuh Tini sekarang?
Penyelesaian :
Diketahui : a. Telur puyuh awal milik Tini 250. 132 butir
b. Telur puyuh laku 175. 000 butir
c. Panen telur puyuh 23. 525 butir
Ditanya : Jumlah telur puyuh milik Tini sekarang?
Jawab : 250. 132 – 175. 000 + 23. 525
= (250. 132 – 175. 000) + 23. 525
= 75. 132 + 23.525
= 98. 657
B. Media
Manipulatif gambar garis bilangan pada kertas manila.
C. Metode
1. Ceramah
Demonstrasi
D. Sumber
Silabus Matematika kelas IV tahun Pelajaran 2009 / 2010
Buku Pelajaran Cerdas Berhitung Matematika Untuk SD / MI Kelas 4, Nur Fajariyah dan arif Al Rasyid, Penerbit Grahadi, Th. 2007, Halaman 29 – 47.
Buku Pelajaran Ayo Belajar Matematika Untuk SD dan MI Kelas IV, Burhan Mustaqim dan Ary Astuty, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Th. 2008, Halaman 22 – 24.

III. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
A. Kegiatan Awal (5 menit)
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
Guru mengabsen kehadiran siswa.
Guru mengkondisikan siswa agar siap mengikuti pembelajaran dengan penuh konsentrasi.
Guru mempersiapkan media, dan alat peraga.
Apersepsi
Guru mengajuka beberapa pertanyaan sebagai berikut:
a. Siapa tadi pagi sikat gigi?
b. Berapakali dalam sehari kalian sikat gigi?
c. Maka dalam seminggu kalian sikat gigi berapa kali?
6. Guru menjelaskan tujuan yang akan disampaikan pada pertemuan saat ini yaitu tentang pengerjaan hitung yang melibatkan berbagai operasi hitung campuran bilangan.
B. Kegiatan Inti (50 menit)
Secara klasikal siswa memperhatikan demonstrasi penjelasan guru tentang Operasi hitung campuran beserta langkah atau cara pengerjaan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Beberapa siswa disuruh maju kedepan kelas untuk mencoba mendemonstrasikan pemecahan masalah operasi hitung campuran.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi hitung campuran.
Guru mengamati kegiatan kerja kelompok siswa.
Masing – masing perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
Siswa dengan bimbingan guru membahas hasil diskusi dan menyimpulkan materi.
Siswa mengerjakan soal – soal latihan yang terdapat pada buku sumber matematika.
C. Kegiatan Akhir (15 menit)
Siswa mengerjakan soal latihan formatif untuk mengukur sejauh mana tingkat penguasaan materi yang dimiliki siswa.
Guru menilai hasil tes formatif dan menganalisis hasilnya.
Guru kembali memantapkan materi.
Siswa bersama guru menutup pelajaran dengan berdoa dan salam.
Pertemuan Kedua
A. Kegiatan Awal (5 menit)
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
Guru mengabsen kehadiran siswa.
Guru mengkondisikan siswa agar siap mengikuti pembelajaran dengan penuh konsentrasi.
Guru mempersiapkan media, dan alat peraga.
Apersepsi
Guru mengajuka beberapa pertanyaan sebagai berikut:
6. Guru menjelaskan tujuan yang akan disampaikan pada pertemuan saat ini yaitu tentang pengerjaan hitung yang melinbatka berbagai operasi hitung campuran bilangan.
B. Kegiatan Inti (50 menit)
Secara klasikal siswa memperhatikan demonstrasi penjelasan guru tentang Operasi hitung campuran beserta langkah atau cara pengerjaan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Beberapa siswa disuruh maju kedepan kelas untuk mencoba mendemonstrasikan pemecahan masalah operasi hitung campuran.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi hitung campuran.
Guru mengamati kegiatan kerja kelompok siswa.
Masing – masing perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
Siswa dengan bimbingan guru membahas hasil diskusi dan menyimpulkan materi.
Siswa mengerjakan soal – soal latihan yang terdapat pada buku sumber matematika.
C. Kegiatan Akhir (15 menit)
Siswa mengerjakan soal latihan formatif untuk mengukur sejauh mana tingkat penguasaan materi yang dimiliki siswa.
Guru menilai hasil tes formatif dan menganalisis hasilnya.
Guru kembali memantapkan materi.
Siswa bersama guru menutup pelajaran dengan berdoa dan salam.

IV. EVALUASI
A. Prosedur Tes
Tes Awal : Ada Dalam Kegiatan Awal
Tes Dalam Proses : Ada Dalam Kegiatan Inti
Tes Akhir : Ada Dalam Kegiatan Akhir
B. Jenis Tes
Lisan dan Tertulis
C. Bentuk Tes
Isian dan Uraian
D. Alat Evaluasi
I. Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
34 X 17 + 635 = ...
6.844 : 4 – 1235 = ...
25 x 12 – 50 + 500 : 2 = ....
906 – 750 : 125 X 5 + 500 = ...
100 : (75 – 25) X 250 + 500 = ...

II. Selesaikanlah soal – soal cerita berikut ini!
Di atas truk ada 9 buah karung yang berisi jagung. Setiap karung beratnya 75 kg. Karung itu sudah diturunkan 3 buah. Tinggal berapa kg-kah berat semua jagung yang masih di atas truk?
Pak Hari mempunyai 24 drum minyak. Tiap drum berisi 125 liter minyak. Jika tiap hari rata – rata terjual 150 liter, dalam beberapa harikah minyak tersebut akan habis terjual?
Nenek membeli 1 kg telur Rp. 12. 500,00, 1 kg minyak goreng Rp. 13. 400,00 dan 1 kg gula pasir Rp. 7. 200,00. Nenek membayar dengan uang Rp. 50. 000,00. Berapakah sisa uang nenek?
Eka mendapat beasiswa sebesar Rp 120.000,00 dan uang itu ditabungnya. Ia juga mendapat hadiah dari orang tuanya Rp 75.000,00 dan ditabungnya juga. Pada suatu hari dia mengambil tabungan sebesar Rp 62.750,00 untuk membeli peralatan sekolah. Tinggal berapa rupiahkah tabungan eka sekarang?
Toni menjual 6 ekor ayam jantan. Setiap ekor ayam laku Rp 18.250,00. Sebagian hasil penjualannya dibelikan sepatu seharga Rp 22.500,00. Berapa rupiahkah uang Toni sekarang?

E. Kunci Jawaban
I. 1. 1.213
2. 476
3. 500
4. 1.376
5. 1.000
II. 1. (9 X 75) – (3 X 75) = 675 – 225 = 450
2. 24 x 125 : 150 = 20 hari
3. 50.000 - (12.500 + 13.400 + 7.200) = 16.900
4. 120.000 + 75.000 – 62.750 = 132.250
5. 6 X 18.250 – 22.500 = 87.000
F. Pedoman Penilaian
Rum I setiap soal jawaban benar dikali 2
Rum II Setiap soal a. Jawaban lengkap dan benar skor 3
b. Jawaban tidak lengkap dan benar skor 2
c. Jawaban tidak lengkap dan tidak benar skor 1
d. Tidak dijawab skor 0


Skor I + Skor II
Nilai = ——————— X 100
25





LEMBAR KERJA SISWA

Kerjakanlah Soal – soal di bawah ini dengan kelompok belajarmu!

1. Hasil dari 63.540 + 21.210 – 45.100 adalah ...
2. Hasil dari 64.325 + 28.500 – 14.600 adalah ...
3. Hasil dari 3.248 + 4.500 : 100 adalah ...
4. Hasil dari 70.000 – 80.000 : 5 adalah ...
5. Hasil dari 3.230 + 8.100 : 60 adalah ...
6. 3.935 – 4.800 : 6 adalah ...
7. (420 + 140) : 20 = ...
8. (12 + 38) X 40 adalah ...
9. 210 X 60 : 12 adalah ...
10. 7.835 – 30.000 : 6 adalah ...

Nama Kelompok : ...
Nama Anggota :
1. ...
2. ...
3. ...
4. ...
5. ...










RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS II

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV / I
Standar Kompetensi : Bilangan
1. Memahami dan Menggunakan Sifat – sifat Operasi Hitung Bilangan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : Melakukan Operasi Hitung Campuran
Indikator : Menentukan aturan operasi hitung campuran dan menggunakannya dalam memecahkan masalah.
Waktu : 2 X 35 menit (1 X pertemuan)
Hari / Tanggal : Tindakan I dilaksanakan pada Senin, 26 Oktober 2009
Tindakan II dilaksanakan pada Kamis, 29 Oktober 2009


I. TUJUAN
A. Tujuan Umum
Siswa mampu memahami aturan langkah penyelesaian pemecahan masalah operasi hitung campuran.
B. Tujuan Khusus
Melalui kegiatan CPS dan diskusi siswa dapat :
1. Mengidentifikasi Operasi hitung campuran.
2. Menjelaskan cara atau langkah – langkah pemecahan masalah operasi hitung campuran.
3. Melakukan pemecahan masalah operasi hitung campuran.
C. Tujuan Perbaikan Pembelajaran
1. Meningkatkan pemahaman siswa tentang sifat-sifat operasi hitung campuran.
2. Meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran tentang sifat-sifat operasi hitung campuran.
3. Meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran.
II MATERI, MEDIA, METODE DAN SUMBER
A. Materi

Operasi Hitung Campuran
Operasi – operasi hitung bilangan meliputi : penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Operasi – opersi hitung tersebut mempunyai tingkatan dalam urutan pengerjaannya.
Mari kita selesaikan operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan berikut ini.
456 + 167 – 308 = (456 + 1670 – 308
= 623 – 308
= 315
695 – 500 + 75 = (695 – 5000 + 75
= 195 + 75
= 270



Selanjutnya mari kita selesaikan operasi hitung campuran perkalian dan pembagian berikut ini.
28 X 10 : 4 = (28 X10) : 4
= 280 : 4
= 70
450 : 75 X 16 = (45 : 75) X 16
= 6 X 16
= 96



Oepasi hitung perkalian dan pembagian berasal dari penjumlahan dan pengurangan yang berulang, maka mempunyai tingkatan yang lebih tinggi. Sehingga opersi hitung perkalian dan pembagian harus didahulukan daripada penjumlahan dan pengurangan.
1. 187 + 39 : 3 = 187 + (39 : 3)
= 187 + 13
= 200
2. 196 -5 X 25 = 196 – (5 X 25)
= 196 – 125
= 71




Contoh :
1. (640 + 360) : 10 = ...
Jawab:
(640 + 3600 : 10 = 1.000 : 10 = 100
Contoh menyelesaikan soal cerita matematika :
Tini memiliki 250. 132 butir telur puyuh; dijual laku 175. 000 butir. Hari berikutnya, Tini memanen lagi sebanyak 23. 525 butir. Berapa butirkah telur puyuh Tini sekarang?
Penyelesaian :
Diketahui : a. Telur puyuh awal milik Tini 250. 132 butir
b. Telur puyuh laku 175. 000 butir
c. Panen telur puyuh 23. 525 butir
Ditanya : Jumlah telur puyuh milik Tini sekarang?
Jawab : 250. 132 – 175. 000 + 23. 525
= (250. 132 – 175. 000) + 23. 525
= 75. 132 + 23.525
= 98. 657



B. Media
Manipulatif gambar garis bilangan pada kertas manila.
C. Metode
1. Ceramah
Demonstrasi
D. Sumber
Silabus Matematika kelas IV tahun Pelajaran 2009 / 2010
Buku Pelajaran Cerdas Berhitung Matematika Untuk SD / MI Kelas 4, Nur Fajariyah dan arif Al Rasyid, Penerbit Grahadi, Th. 2007, Halaman 29 – 47.
Buku Pelajaran Ayo Belajar Matematika Untuk SD dan MI Kelas IV, Burhan Mustaqim dan Ary Astuty, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Th. 2008, Halaman 22 – 24.

III. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
A. Kegiatan Awal ( 5 menit )
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
Guru mengabsen kehadiran siswa.
Guru mengkondisikan siswa agar siap mengikuti pembelajaran dengan penuh konsentrasi.
Guru mempersiapkan media, dan alat peraga.
Apersepsi
Guru mengajuka beberapa pertanyaan sebagai berikut:
Guru menjelaskan tujuan yang akan disampaikan pada pertemuan saat ini yaitu tentang pengerjaan hitung yang melinbatka berbagai operasi hitung campuran bilangan.
B. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Secara klasikal siswa memperhatikan demonstrasi penjelasan guru tentang Operasi hitung campuran beserta langkah atau cara pengerjaan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Beberapa siswa disuruh maju kedepan kelas untuk mencoba mendemonstrasikan pemecahan masalah operasi hitung campuran.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi hitung campuran.
Guru mengamati kegiatan kerja kelompok siswa.
Masing – masing perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
Siswa dengan bimbingan guru membahas hasil diskusi dan menyimpulkan materi.
Siswa mengerjakan soal – soal latihan yang terdapat pada buku sumber matematika.

C. Kegiatan Akhir ( 15 menit )
Siswa mengerjakan soal latihan formatif untuk mengukur sejauh mana tingkat penguasaan materi yang dimiliki siswa.
Guru menilai hasil tes formatif dan menganalisis hasilnya.
Guru kembali memantapkan materi.
Siswa bersama guru menutup pelajaran dengan berdoa dan salam.
Pertemuan Kedua
A. Kegiatan Awal ( 5 menit )
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
Guru mengabsen kehadiran siswa.
Guru mengkondisikan siswa agar siap mengikuti pembelajaran dengan penuh konsentrasi.
Guru mempersiapkan media, dan alat peraga.
Apersepsi
Guru mengajuka beberapa pertanyaan sebagai berikut:
a. Berapa jam kalian belajar setiap harinya di rumah?
b. Satu hari ada berapa jam?
c. Ada berapa jamkah satu hari di kurangi dengan jam belajarmu?
6. Guru menjelaskan tujuan yang akan disampaikan pada pertemuan saat ini yaitu tentang pengerjaan hitung yang melinbatka berbagai operasi hitung campuran bilangan.
B. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Secara klasikal siswa memperhatikan demonstrasi penjelasan guru tentang Operasi hitung campuran beserta langkah atau cara pengerjaan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Beberapa siswa disuruh maju kedepan kelas untuk mencoba mendemonstrasikan pemecahan masalah operasi hitung campuran.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi hitung campuran.
Guru mengamati kegiatan kerja kelompok siswa.
Masing – masing perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
Siswa dengan bimbingan guru membahas hasil diskusi dan menyimpulkan materi.
Siswa mengerjakan soal – soal latihan yang terdapat pada buku sumber matematika.
C. Kegiatan Akhir ( 15 menit )
Siswa mengerjakan soal latihan formatif untuk mengukur sejauh mana tingkat penguasaan materi yang dimiliki siswa.
Guru menilai hasil tes formatif dan menganalisis hasilnya.
Guru kembali memantapkan materi.
Siswa bersama guru menutup pelajaran dengan berdoa dan salam.

IV. EVALUASI
A. Prosedur
Tes Awal : Ada Dalam Kegiatan Awal
Tes Dalam Proses : Ada Dalam Kegiatan Inti
Tes Akhir : Ada Dalam Kegiatan Akhir
B. Jenis Tes
Lisan dan Tertulis
C. Bentuk Tes
Isian dan Uraian
D. Alat Evaluasi
I. Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. 64 X 13 + 125 = ...
2. 315 X 2 X 15 = ...
3. 50.000 – 30.000 : 6 = ...
4. 43 X 28 + 720 : 9 – 168 = ...
5. 490 : 7 + 65 X 37 – 480 = ...
II. Selesaikanlah soal – soal cerita berikut ini!
Beras sumbangan yang terkumpul dari dua penerbit masing – masing sebanyak 9.852 kg dan 3.756 kg. Seluruh sumbangan itu akan dibagikan sama banyak kepada 36 kelurahan yang mengalami kekeringan. Berapa kg-kah beras yang diterima oleh tiap kelurahan?
Sebuah buku harganya Rp 2.500,00 dan sebuah spidol harganya Rp 2.250,00. Rina membeli 4 buah buku dan 8 spidol dengan uang lima puluh ribuan. Berapa sisa uang Rina?
Budi memiliki 1.256 kelereng, diminta adik 200 kelereng, hilang 56. Budi akan bermain kelereng bersama 3 orang temannya. Kemudian kelereng itu dibagikan kepada 3 orang teman budi dan budi. Berapa kelereng bagian Budi?
1 kaleng berisi 23 bungkus permen. Zen memiliki 23 kaleng. Dimakan olehnya 5 bungkus permen. Tinggal berapa bungkus permen milik Zen?
Inu mempunyai uang sebesar Rp. 60.000,00. Dia gunakan untuk membeli 2 buku, 2 pensil, 2 kaos kaki, dan 1 tas sekolah. Harga masing – masing barang tersebut adalah 1500, 750, 4500, 25.000. Berapakah uang kembali Zen?
E. Kunci Jawaban
I. 1. 957
2. 9450
3. 45000
4. 1116
5. 1995
II. 1. (9852 + 3756) : 36 = 378
50.000 – (4 X 2500 + 8 X 2250) = 22.000
(1256 – 200 – 56) : 4 = 250
23 X 23 - 5 = 524
60.000 (2 X 1500 + 2 X 750 + 2 X 4500 + 1 X 25.000) = 21.500
F. Pedoman Penilaian
Rum I setiap soal jawaban benar dikali 2
Rum II Setiap soal a. Jawaban lengkap dan benar skor 3
b. Jawaban tidak lengkap dan benar skor 2
c. Jawaban tidak lengkap dan tidak benar skor 1
d. Tidak dijawab skor 0


Skor I + Skor II
Nilai = ——————— X 100
25












LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Operasi hitung campuran
Kelas / Semester : IV / 1
Hari, tanggal : Kamis, 29 Oktober 2009
Fokus Observasi : Penggunaan model pembelajaran “CPS” untuk
Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Matematika dalam kegiatan tindakan perbaikan pembelajaran.

Kemunculan tiap siklus
Siklus I Siklus II
Ada Tidak Ada Tidak

A.



B.





C.





















D.



















E






F OBSERVASI TERHADAP GURU
Kegiatan Pra KBM
1. Guru Menyiapkan alat pelajaran
2. Guru Mengabsen siswa
3. Guru memotivasi siswa
Kegiatan Awal
1. Guru melakukan appersepsi
1. Guru menyampaikan materi pembelajaran
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan materi pelajaran
2. Guru memusatkan perhatian siswa
2. Guru memberi petunjuk kegiatan kepada siswa
3. Guru melibatkan siswa dalam pelaksanaan kegiatan
4. Guru memberi pertanyaan kepada siswa
5. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
6. Guru menjawab pertanyaan siswa
7. Guru melaksanakan penilaian proses
8. Guru melaksanakan perbaikan pembelajaran
9. Guru menyimpulkan materi pelajaran
10. Guru menggunakan model pembelajaran sesuai perencanaan
Kegiatan Perbaikan
1. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa belum tuntas
2. Guru memberi pertanyaan kepada siswa belum tuntas belajar
2. Guru membimbing siswa dalam pelaksanaan pembelajaran secara merata
3. Guru membimbing siswa belum tuntas belajar secara khusus
4. Jenis pertanyaan sesuai dengan tujuan pembelajaran
5. Guru melibatkan siswa lain dalam perbaikan pembelajaran kepada siswa belum tuntas belajar
6. Guru melibatkan siswa dalam menyimpulkan pembelajaran
7. Guru memberi penghargaan terhadap siswa
Kegiatan akhir
1. Guru mengadakan penilaian
2. Guru mengoreksi pekerjaan siswa
3. Guru menganalisis hasil evaluasi siswa
4. Guru mengadakan tindak lanjut
5. Guru mengakhiri pembelajaran
OBSERVASI TERHADAP SISWA
1. Siswa membawa buku sumber
2. Siswa membawa alat pelajaran
3. Siswa aktif bertanya
4. Siswa aktif menjawab pertanyaan guru
5. Siswa terpusat perhatiannya terhadap pembelajaran/konsentrasi
6. Siswa bergairah melaksanakan kegiatan pembelajaran bermain “Mencari pasangan”
7. Siswa menyenangi model pembelajaran “Mencari pasangan”
8. Seluruh siswa belum tuntas dapat mejawab pertanyaan guru
9. Sebagian siswa belum tuntas dapat menjawab pertanyaan guru































































































































































































































DAFTAR NILAI SIKLUS II

Mata Pelajaran : Matematika
Kompetensi Dasar : Operasi Hitung Campuran
Kelas/Semester : IV / 1
Hari/Tanggal : Senin dan Kamis, 26 dan 29 Oktober 20092009
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010




No. Nama Siswa Nilai Tuntas Tidak Tuntas
1. Eko Febrianto 50 √
2. Nomiati 70 √
3. Wili Mukasah 60 √
4. Andi Ariyanto 70 √
5. Dewi Retnosari 60 √
6. Ervin Siswanto 70 √
7. Puput Supriyatin 70 √
8. Wasis Riswanto 60 √
9. Achmad Shidiq 90 √
10. Andre Farhan F 80 √
11. Bayu Triwahyudi 90 √
12. Dwi Rahmawati 70 √
13. Evi Marliyanti 80 √
14. Galih Adhi P 70 √
15. Ilham Yanuar 80 √
16. Marselina Susiani 70 √
17. Nikensari Pradiastuti 70 √
18. Nur Ulil Ma’rifah 80 √
19. Octa Apitasari 70 √
20. Rizky Septianingrum 60 V
21. Rowit Anggelika Dwi Wauci 70 √
22. Zinatun Fathonatus Solihsah 80 √
23. Widiawati 70 √
24. Puji Wastuti 70 √
25. Intan Resti Margarena 70 √
26. Hendri Ragil Budianto 70 √
27. Fufung Jonanda Ananto 70 √


































DAFTAR NILAI SIKLUS I

Mata Pelajaran : Matematika
Kompetensi Dasar : Operasi Hitung Campuran
Kelas/Semester : IV / 1
Hari/Tanggal : Senin dan Kamis, 19 dan 22 Oktober 2009
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010



No. Nama Siswa Nilai Tuntas Tidak Tuntas
1. Eko Febrianto 50 √
2. Nomiati 60 √
3. Wili Mukasah 60 √
4. Andi Ariyanto 80 √
5. Dewi Retnosari 40 √
6. Ervin Siswanto 70 √
7. Puput Supriyatin 70 √
8. Wasis Riswanto 60 √
9. Achmad Shidiq 90 √
10. Andre Farhan F 80 √
11. Bayu Triwahyudi 80 √
12. Dwi Rahmawati 70 √
13. Evi Marliyanti 70 √
14. Galih Adhi P 70 √
15. Ilham Yanuar 80 √
16. Marselina Susiani 60 √
17. Nikensari Pradiastuti 60 √
18. Nur Ulil Ma’rifah 60 √
19. Octa Apitasari 60 √
20. Rizky Septianingrum 60 √
21. Rowit Anggelika Dwi Wauci 70 √
22. Zinatun Fathonatus Solihsah 70 √
23. Widiawati 70 √
24. Puji Wastuti 70 √
25. Intan Resti Margarena 70 √
26. Hendri Ragil Budianto 70 √
27. Fufung Jonanda Ananto 70 √



































DAFTAR NILAI MATEMATIKA
PRA SIKLUS, SIKLUS I, DAN SIKLUS II

NO NAMA SEBELUM
SIKLUS SIKLUS I SIKLUS II
1. Eko Febrianto 40 50 50
2. Nomiati 60 60 70
3. Wili Mukasah 50 60 60
4. Andi Ariyanto 70 80 70
5. Dewi Retnosari 40 40 60
6. Ervin Siswanto 60 70 70
7. Puput Supriyatin 70 70 70
8. Wasis Riswanto 50 60 60
9. Achmad Shidiq 80 90 90
10. Andre Farhan F 70 80 80
11. Bayu Triwahyudi 80 80 90
12. Dwi Rahmawati 60 70 70
13. Evi Marliyanti 60 70 80
14. Galih Adhi P 70 70 70
15. Ilham Yanuar 60 80 80
16. Marselina Susiani 50 60 70
17. Nikensari Pradiastuti 50 60 70
18. Nur Ulil Ma’rifah 50 60 80
19 Octa Apitasari 60 60 70
20. Rizky Septianingrum 40 60 60
21. Rowit Anggelika Dwi Wauci 50 70 70
22. Zinatun Fathonatus Solihsah 60 70 80
23. Widiawati 50 70 70
24. Puji Wastuti 70 70 70
25. Intan Resti Margarena 60 70 70
26. Hendri Ragil Budianto 50 70 70
27. Fufung Jonanda Ananto 50 70 70











DAFTAR NILAI PRA SIKLUS

Mata Pelajaran : Matematika
Kompetensi Dasar : Operasi Hitung Campuran
Kelas/Semester : IV / 1
Hari/Tanggal : Senin, 12 Oktober 2009
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010



No. Nama Siswa Nilai Tuntas Tidak Tuntas
1. Eko Febrianto 40 √
2. Nomiati 60 √
3. Wili Mukasah 50 √
4. Andi Ariyanto 70 √
5. Dewi Retnosari 40 √
6. Ervin Siswanto 60 √
7. Puput Supriyatin 70 √
8. Wasis Riswanto 50 √
9. Achmad Shidiq 80 √
10. Andre Farhan F 70 √
11. Bayu Triwahyudi 80 √
12. Dwi Rahmawati 60 √
13. Evi Marliyanti 60 √
14. Galih Adhi P 70 √
15. Ilham Yanuar 60 √
16. Marselina Susiani 50 √
17. Nikensari Pradiastuti 50 √
18. Nur Ulil Ma’rifah 50 √
19. Octa Apitasari 60 √
20. Rizky Septianingrum 40 √
21. Rowit Anggelika Dwi Wauci 50 √
22. Zinatun Fathonatus Solihsah 60 √
23. Widiawati 50 √
24. Puji Wastuti 70 √
25. Intan Resti Margarena 60 √
26. Hendri Ragil Budianto 50 √
27. Fufung Jonanda Ananto 50 √



































LEMBAR PENGAMATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS
SIKLUS II

Nama Guru Praktikan : SUGENG RIYADI
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : IV / 1
Kompetensi Dasar : Operasi Hitung Campuran


NO KEMUNCULAN
YA TIDAK
1. Keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran. √ Siswa cukup aktif
2. Tingkah laku siswa saat guru
menyelesaikan contoh soal. √ Sebagian besar memperhatikan
3. Sikap siswa dalam bekerja
kelompok. √ Kerja sama cukup baik
4. Sikap siswa dalam memperhatikan pendapat atau jawaban teman dari kelompok lain. √ Cukup baik
5. Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan. √ Sudah cukup bagus
6. Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan. √ Sudah bagus
7. Keaktifan siswa dalam dalam
mengeluarkan pendapat. √ Cukup baik, perlu ditingkatkan
8. Sikap siswa dalam minat belajar. √ Cukup baik
9. Semangat siswa dalam belajar. √ Cukup baik
10. Ketenangan kelas. √ Cukup kondusif



Banyumas, 29 Oktober2009
Pengamat, Mahasiswa,


TUSIAH, S.Pd. SD SUGENG RIYADI
NIP 19670821 199403 2 006 NIM 815207752






























LEMBAR PENGAMATAN GURU
PENGELOLAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR
DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS
SIKLUS II

Nama Guru Praktikan : SUGENG RIYADI
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : IV / 1
Kompetensi Dasar : OPERASI HITUNG CAMPURAN


NO KEMUNCULAN
YA TIDAK
A.KEGIATAN AWAL
1 Memotivasi siswa.
√ Cukup baik
2 Membentuk kelompok belajar dengan baik. √ Cukup baik
3 Menghubungkan pelajaran terdahulu dengan yang akan dibahas. √ Apersepsi sudah sesuai dengan materi
4 Mengkomunikasikan tujuan belajar. √ Dilaksanakan dengan baik
5 Telah menyiapkan alat, bahan atau media pembelajaran yang diperlukan. √ Sudah sesuai dan cukup relevan
B.KEGIATAN INTI
1. Menggunakan alat, bahan atau media. √ Penggunaan sudah maksimal
2. Memotivasi siswa untuk bertanya.
√ Dilaksanakan dengan baik
NO KEMUNCULAN
YA TIDAK
3. Berperan sebagai fasilitator.
√ Sudah dilaksanakan dengan baik
4. Mengaktifkan kelompok kerja. √ Cukup baik
5. Meminta siswa untuk mengkomunikasikan hasil kelompok. √ Dilaksanakan dengan baik
6. Membimbing siswa . √ Sudah baik
7. Membantu kesulitan belajar siswa. √ Dilaksanakan dengan baik
8. Segera memberikan kegiatan perbaikan atau pengayaan. √ Dilaksanakan dengan baik
C.KEGIATAN AKHIR
1. Membimbing siswa menyimpulkan materi. √ Cukup baik
2. Memberikan tugas untuk materi berikutnya. √ Dilaksanakan dengan baik
D.KESAN TERHADAP GURU PENGAJAR
1. Penampilan. √ Sudah baik dan menarik
2. Penggunaan papan tulis. √ Sudah baik dan cukup maksimal
3. Pengelolaan kelas. √ Cukup baik
4. Teknik bertanya. √ Cukup baik
5. Penggunaan alat atau metode pengajaran. √ Sudah cukup sesuai
6. Pengorganisasian bahan pengajaran. √ Dilaksanakan dengan baik

Banyumas, 29 Oktober 2009
Pengamat, Mahasiswa,



TUSIAH, S.Pd. SD SUGENG RIYADI
NIP 19670821 199403 2 006 NIM 815207752































PEMERINTAH KABUPATENBANYUMAS
DINAS PENDIDIKAN
UNIT PENDIDIKAN KECAMATAN SUMPIUH
SD NEGERI 3 SUMPIUH
Alamat : Gr. Jatilarangan Sumpiuh, Kec. Sumpiuh, Kab. Banyumas

SURAT KETERANGAN
Nomor:

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala SD Negeri 3 Sumpiuh Unit Pendidikan Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas menerangkan bahwa:

Nama : Sugeng Riyadi
NIM : 815207752

telah melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dan Perbaikan Pembelajaran Mata Pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 3 Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas.
Demikian surat keterangan ini dibuat untuk memenuhi sebagian tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK 4501) Program Strata 1 PGSD FKIP Universitas Terbuka.




Banyumas, 24 November 2009
Kepala Sekolah,


K. Wihesti, S.Pd.
NIP 19580428 197802 2 004



PEMERINTAH KABUPATENBANYUMAS
DINAS PENDIDIKAN
UNIT PENDIDIKAN KECAMATAN SUMPIUH
SD NEGERI 3 SUMPIUH
Alamat : Gr. Jatilarangan Sumpiuh, Kec. Sumpiuh, Kab. Banyumas


SURAT KETERANGAN
Nomor : / / / 2009


Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Sekolah SD Negeri 3 Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas menerangkan bahwa :
Nama : Tusiah, SPd. SD
NIP : 19670821 199403 2 006
Jabatan : Guru Kelas
Unit Kerja : SD Negeri 3 Sumpiuh
Untuk menjadi observer praktek Perbaikan Pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan ketentuan sebagai berikut :
Peneliti : Sugeng Riyadi
NIM : 815207752
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV / 1
Pelaksanaan : Siklus I, 19 dan 22 Oktober 2009
Siklus II, 26 dan 29 Oktober 2009
Materi : Operasi Hitung Campuran
Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Ditetapkan di : Sumpiuh
Tanggal : 17 Oktober 2009
-------------------------------------------
Kepala Sekolah,

K. Wihesti, SPd.
NIP 19580428 197802 2 004
PEMERINTAH KABUPATENBANYUMAS
DINAS PENDIDIKAN
UNIT PENDIDIKAN KECAMATAN SUMPIUH
SD NEGERI 3 SUMPIUH
Alamat : Gr. Jatilarangan Sumpiuh, Kec. Sumpiuh, Kab. Banyumas

SURAT KETERANGAN
Nomor:

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala SD Negeri 3 Sumpiuh Unit Pendidikan Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas menerangkan bahwa:

Nama : Sugeng Riyadi
NIM : 815207752

telah melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dan Perbaikan Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 3 Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas.
Demikian surat keterangan ini dibuat untuk memenuhi sebagian tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK 4501) Program Strata 1 PGSD FKIP Universitas Terbuka.




Banyumas, 24 November 2009
Kepala Sekolah,


K. Wihesti, S.Pd.
NIP 19580428 197802 2 004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar