Kamis, 27 Januari 2011

PTK Matematika

LAPORAN

PERBAIKAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN IPS MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH) DI KELAS IV SD NEGERI 3 SUMPIUH
KABUPATEN BANYUMAS
Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesi (PKP) S1 PGSD





Oleh
Sugeng Riyadi
NIM 815207752
Masa Ujian 2009.2


UNIVERSITAS TERBUKA JAKARTA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH PURWOKERTO
POKJAR SUMPIUH
2009



Laporan

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)
SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesi (PKP) S1 PGSD




Oleh
Sugeng Riyadi
NIM 815207752
Masa Ujian 2009.2

UNIVERSITAS TERBUKA JAKARTA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH PURWOKERTO
POKJAR SUMPIUH
2009








HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN


Laporan ini disusun dan diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Peningkatan Kemampuan Profesional (PGDK 4501) SI PGSD Universitas Terbuka.

Nama mahasiswa : Sugeng Riyadi
NIM : 815207752
Program Studi : SI PGSD
Tempat Mengajar : SD Negeri 3 Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh
Pembelajaran : Matematika
Kelas / Semester: IV / 1
Pelaksanaan : Siklus I Senin dan Kamis, 19 dan 22 Oktober 2009
Siklus II Senin dan Kamis, 26 dan 29 Oktober 2009


Masalah yang menjadi fokus perbaikan adalah:
Rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Matemátika.
Penggunaan Model pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa.
Tingkat partisipasi anak yang rendah dalam kegiatan pembelajaran.


Menyetujui Purwokerto, 28 November 2009
Supervisor Mahasiswa,




EKO BINNARYO MEI ADI, MSi SUGENG RIYADI
NIP. - NIM 815207752










KATA PENGANTAR



Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini. Laporan ini penulis susun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka.
Penulis mengadakan perbaikan pembelajaran mata pelajaran Matematika di kelas IV pada kompetensi dasar Operasi Hitung Campuran. Penulis melaksanakan perbaikan pembelajaran Matematika dalam dua siklus, yaitu siklus I pada tanggal 19 dan 22 Oktober 2009 dan siklus II pada tanggal 26 dan 29 Oktober 2009.
Penulis menyadari bahwa terwujudnya laporan ini tidak terlepas dari bantuan, bimbingan, dan pengarahan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1.Drs. Jatno Sunarjo, MSi selaku dosen pembimbing mata kuliah PKP yang telah banyak memberikan bimbingan, saran serta kritik hingga selesainya laporan ini.
2.Basuki Widiasmoro, SPd selaku kepala Unit Pendidikan Kecamatan (UPK) Sumpiuh selaku penyelenggara Pokjar Sumpiuh.
3.K. Wihesti, S.Pd. selaku Kepala SD Negeri 3 Sumpiuh yang telah memberikan izin melaksanakan penelitian.
4.Para dosen UT yang telah memberi bekal ilmu pengetahuan.
5.Rekan-rekan guru dan teman sejawat yang telah membantu dan memberikan semangat
demi terwujudnya laporan ini.
Penulis menyadari tiada yang sempurna selain Allah, maka dengan segala keterbatasan kemampuan penulis, penulisan laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran membangun senantiasa penulis harapkan demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya semoga karya ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi rekan-rekan guru SD dan dapat meningkatkan mutu pendidikan terutama pendidikan di sekolah dasar. Amin.



Banyumas, 2 November 2009



Penulis






























HALAMAN PERSEMBAHAN



Karya ini saya persembahkan dengan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan ucapan terima kasih kepada:
1.Kedua orangtuaku tercinta, Jaminnudin dan Tuniyah atas motivasi, semangat, dan pengertiannya.
2.Saudara – saudaraku tercinta yang telah memberikan bantuan moral dan morilnya.
3.Fulanah tercinta yang singgah di hati yang telah memberikan motivasi dalam menyelesaikan laporan ini.
4.Bp. Drs. Jatno Sunarjo, MSi atas saran dan bimbingannya.
5.Teman-taman S1 PGSD UT Pokjar Sumpiuh atas dukungannya.
6.Ad3'Ika Taruma Sari Bunga Hati















ABSTRAK


Telah dilakukan penelitian penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Sumpiuh, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas.
Model yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CPS dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan alur Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, lembar observasi aktivitas siswa, catatan lapangan, dan catatan harian peneliti. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan perhitungan PPN (Perolehan Persentase Nilai).
Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan model pembelajaran CPS dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar Matematika siswa. Setelah dilakukan pembelajaran dengan model pemebelajaran CPS pada siklus I diperoleh nilai rata-rata pemahaman belajar siswa 63% (kategori cukup) dan tingkat pencapaian hasil belajar Matematika siswa dengan nilai rata-rata 65,07 dengan tingkat ketuntasan belajar 63% dari pengetahuan awal 26%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar siswa 81% (kategori tinggi), dan tingkat pencapaian hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 71,11 dengan tingkat ketuntasan belajar 81% % dari pengetahuan awal 26%.
Berdasarkan peningkatan pemahaman konsep belajar dan hasil siswa diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CPS pada materi pokok Operasi hitung campuran dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar dan hasil belajar siswa, dan juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan perhatian dan minat siswa.









DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i
HALAMAN PENGESAHAN ii
KATA PENGANTAR iii
ABSTRAK v
DAFTAR ISI vi
DAFTAR TABEL vii
DAFTAR GAMBAR viii
DAFTAR LAMPIRAN ix

BAB I PENDAHULUAN 1
Latar Belakang Masalah 1
Rumusan Masalah 5
Tujuan Penelitian 5
Manfaat Penelitian 6

BAB II KAJIAN PUSTAKA 7
Kerangka Teori 7
Hipotesis 25
Kerangka Berfikir 25
Indikator dan Kriteria Keberhasilan 27

BAB III PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN 28
Subjek Penelitian
Deskripsi per siklus 29
Prosedur Penelitian Tindakan Kelas 29
Informasi Observer 33
Data dan Teknik Pengumpulan Data 33
Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran 37

BAB IV HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN DAN
PEMBAHASAN
Hasil Penelitian 46
Pembahasan 48

BAB V KESIMPULAN 51
Kesimpulan 51
Saran 52

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN























DAFTAR TABEL






Halaman

Tabel 4.1 Data Hasil Persentase Tes Formatif Matematika 47


























DAFTAR GAMBAR





Halaman

Gambar 3.1 Tahap – tahap dalam PTK 29
Gambar 3.2 Proses pengkajian penelitian Tindakan Kelas 30
Gambar 3.3 Gambar alur penelitian tindakha kelas 31
Gambar 4.1 Grafik Tingkat ketuntasan belajar siswa 48












DAFTAR LAMPIRAN





Halaman

Lampiran 1 Rencana Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran 2 Rencana Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran 3 Lembar Observasi Pembelajaran
Lampiran 4 Surat Pernyataan
Lampiran 5 Surat Keterangan
Lampiran 6 Daftar Nilai Pra Siklus
Lampiran 7 Daftar Nilai Siklus I
Lampiran 8 Daftar Nilai Siklus II
Lampiran 9 Daftar Nilai Matematika Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II
Lampiran 10 Lembar Pengamatan kEaktifan Siswa Dalam Pembelajaran
di Kelas Siklus II
Lampiran 11 Lembar Pengamatan Guru Pengelolaan Proses
Belajar Mengajar dalam Pembelajaran di Kelas Siklus II
Lampiran 12 Surat Keterangan
Lampiran 13 Surat Keterangan
Lampiran 14 Surat Keterangan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar